SAMBUTAN KETUA PRODI PTB

 

SAMBUTAN KAPRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Syalom…

Asalamualaikum…Warahmatullahi…Wabarakatu…

Om…Swastyastu…Namo Buddhaya

Salam Kebajikan…

Selamat datang di Website Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatNya, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkontribusi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bidang pendidikan..

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan merupakan salah satu Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 1982 dan hingga saat ini telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai instansi, baik pemerintah, swasta, BUMN, wirausaha dan lain sebagainya.

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan berkomitmen untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Teknik Bangunan yang unggul dan inovatif berdasarkan mapalus, serta mampu bersaing di dunia kerja. Komitmen ini ditunjukkan melalui penerapan kurikulum yang sesuai dengan standar SN-DIKTI, dengan menekankan pada capaian kompetensi. Lulusan program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan tidak saja menghasilkan tenaga guru kejuruan teknik bangunan, yang bertaqwa kepada TYM Esa, bermoral dan berbudi pekerti luhur, tetapi juga dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi informasi (IT).

Pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap dinamika perubahan professional kerja yang semakin kompetitif. Dinamika perobahan revolusi industri 4.0 yang terintegrasi dengan teknologi informasi menjadi esensi penting bagi progam studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan pada tingkat persaingan yang dihadapi. Hal ini menjadi pertimbangan bagi prodi untuk mensinergikan ekspektasi kebutuhan industri dengan mengimplementasikan teknologi informasi pada setiap aktifitas Tridharma perguruan tinggi dilingkungan program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Secara spesifik, implementasi teknologi informasi diperlihatkan melalui proses belajar mengajar (PBM) yang telah menggunakan system cara digital, daring, dan melalui perangkat teknologi informasi relevan lainya terkait dalam memberikan kemudahan interaksi antara dosen mahasiswa. proses transfer knowledge yang dilakukan juga didukung dengan meningkatkan kemampuan manajerial mahasiswa melalui keterlibatan mahasiswa pada kegiatan pengabdian dan penelitian yang dilakukan oleh para dosen. Hal ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mensimulasikan implementasi teori terkait dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Profil lulusan yang dikembangkan oleh Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan adalah sebagai individu yang mampu memberikan solusi dan keputusan strategis pada lingkungan professional yang dihadapi. Profil lulusan sebagai manajer professional, akademisi dan entrepreneurship yang didukung dengan esensi teknologi informasi diharapkan mampu memberikan penguatan terhadap daya saing lulusan pada era revolusi 4.0. Daya saing kemampuan manajerial yang juga didukung dengan pengembangan kemampuan bahasa asing serta penggunaan teknologi informasi dalam aktifitas akademik diharapkan memberikan kontribusi positif bagi lulusan dalam mengakses informasi dan bersaing dalam dunia professional kerja, bisnis dan Pendidikan Teknik Bangunan. Hal ini tentunya menjadi salah satu factor kunci dalam membangun core competence lulusan pada era teknologi yang cendrung semakin praktis dan dinamis.

Kompetensi khusus yang dikembangkan oleh program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan yaitu mampu melakukan inovasi IPTEK di bidang pendidikan kejuruan teknik bangunan, dan mengembangkan pendidikan akademik secara berkelanjutan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Upaya mensinergikan visi dan misi yang dikembangkan oleh program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan dilakukan dengan memfasilitasi para dosen untuk dapat mengembangkan hardskill dan softskill melalui berbagai kegiatan pelatihan yang diselenggarkan oleh institusi yang relevan. Para dosen juga dituntut untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan dunia industri sehingga materi pengajaran maupun metode pengajarannya selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan secara berkesinambungan untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan yang ada melalui restrukturisasi kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar SN-DIKTI, kebutuhan dari pengguna lulusan, pengembangan sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan, pemantapan telaah keilmuan dan penggunaan teknologi, serta pengembangan proses pembelajaran student centered learning dengan menekankan pada kompetensi lulusan di bidang teknik bangunan.

Dengan demikian, diharapkan perjalanan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado dapat mencetak lulusan yang bersesuaian dengan cita-cita institusi dan mampu bersaing di pasar kerja, serta ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui tridharma pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selamat berkarya, semoga Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Tondano, Juli 2021
Ketua Program Studi,

 

TENDLY S. MAKI, ST, MT